30 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember 2022

Perusahaan Asal Singapura Akan Kelola Migas di Aceh, Widi Isman: Harus Dikaji Ulang

Haluannkri.com - Widi Isman selaku Generasi Simeulue...

Mega Galau, Andianto: Pilpres Dukung Ganjar, Jokowi Ketum PDIP

Haluannkri.com - Poros Prabowo Puan menilai dukungan...

Mahasiswa Nilai BLT BBM Tidak Mampu Meringankan Beban Masyarakat

Haluannkri.com – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Mahasiswa Anak Rakyat Peduli BLT BBM dan Bansos (BMRPB) melakukan aksi unjuk rasa di kantor Kementerian Sosial RI, terkait dugaan kejanggalan proses penyaluran BLT BBM. Mereka menganggap penyaluran BLT BBM tidak tepat sasaran.

“BLT BBM yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp. 150.000 perbulan sebanyak empat bulan tidak mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak. Justru problem yang lebih besar adalah proses penyaluran yang tidak tepat sasaran, tidak Akurat dan tidak Efektif,” ujar Koordinator Lapangan BMRPB, Rijal Putra dalam orasinya, pada Jumat (23/09/2022).

READ :   Pemerintah Telah Putuskan Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2022

Rijal mengatakan, penyaluran BLT BBM khususnya dan bansos lainnya masih menyisahkan banyak kejanggalan dan persoalan. Hal ini terjadi karena proses penyalurannya tidak didukung oleh data yang akurat seperti, data penerima BLT BBM yang layak dan data penerima BLT BBM yang tidak.

Akibat dari tidak akuratnya data penerima BLT BBM yang ada di Kemensos lanjut Rijal, terjadi kesalahan yang fatal, seperti peyalurannya tidak tepat sasaran, tidak Akurat dan tidak Efektif.

“Kami menilai Kementrian Sosial (Kemensos) sebagai garda terdepan dalam penyaluran bantuan ini nampaknya tidak serius membantu masyarakat, sebab syarat-syarat penting yang mendukung penyaluran bantuan yang efektif, seperti Verifikasi data Faktual, pembaharuan data, Memprioritaskan keluarga miskin yang belum dapat bantuan seperti bantua PKH, BPNT atau keluarga yang kehilangan mata pencaharian akibat covid dan Kenaikan BBM,” ujarnya.

READ :   Aturan Baru Pemerintah Wajibkan Penumpang Pesawat Mengisi e-HAC Sebelum Keberangkatan

“Kami menduga dalam proses penyaluran BLT BBM ini, jusrtu membuka kran korupsi baru yang me-mark up uang rakyat, sebab melihat dari kinerja kemensos dalam tahap pendataan hingga pencairan bantuan sangat banyak kejanggalan-kejanggalan yang mencurigakan, tindakan tersebut sangat merusak citra kemensos,” lanjutnya.

Rijal meminta kepada pemerintah untuk bertindak tegas dalam penyalurkan BLT BBM dan Bansos yang tidak tepat sasaran. Kemensos segera memverifikasi ulang data-data penerima BLT BBM agar efektif dan tepat sasaran.

READ :   Wamendag Sampaikan Tiga Tugas Utama Mendag Saat Hadiri Peresmian Pasar Pancasila di Tasikmalaya.

“Meminta kepada pemerintah untuk memperketat pengawasan pencairan BLT BBM dan Bansos demi menghindari praktek KKN. Presiden Joko Widodo segera evaluasi kinerja kementerian sosial yang dinilai lambat merespon isu sosial dan tidak bertanggung jawab,” mintanya.

Rijal menekankan, hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya tindakan mark up anggaran atau korupsi bansos. Ia memastikan bahwa pihaknya akan mengawasi penyaluran BLT BBM ini hingga tepat sasaran dan efektif.

BERITA TERBARU

BERITA LAINNYA

KMP NTB Jakarta Gelar Aksi Jilid II: KPK Segera Periksa Ketua DPRD NTB

Haluannkri.com - Koalisi Mahasiswa dan Pemuda NTB Jakarta kembali melakukan aksi demontrasi yang kedua kalinya di Depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Setiabudi, Jakarta...

DPN LKPHI Nilai Sosok Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang Humanis dan Memiliki Kecakapan Intelektual Mumpuni

Haluannkri.com - Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (Kapolri) menjadi magnet di kalangan masyarakat. Sosok yang humanis dan juga memiliki kecapakan intelektual yang mumpuni dianggap...

Momentum Refleksi Hari Sumpah Pemuda, Ketua Umum DPP KNPI : Ajak Pemuda Indonesia Solid

Haluannkri.com – Putri Khairunnisa selaku Ketua Umum DPP KNPI menyatakan generasi muda kekinian selain berpengetahuan, juga berperan menyumbangkan berbagai peran dan fungsi, baik untuk...

Badko HMI Jabodetabeka-Banten Gelar Raker, Ketua Umum Harap Dapat Bersinergi Dengan Semua Pihak

Haluannkri.com - Rapat Kerja (Raker) Badan Koordinasi (Badko) HMI Jabodetabeka-Banten periode 2021-2023 sukses digelar di Gedung Juang, Cikini, Jakarta Pusat, pada Sabtu (08/10/2022). Raker...