30 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember 2022

Perusahaan Asal Singapura Akan Kelola Migas di Aceh, Widi Isman: Harus Dikaji Ulang

Haluannkri.com - Widi Isman selaku Generasi Simeulue...

Mega Galau, Andianto: Pilpres Dukung Ganjar, Jokowi Ketum PDIP

Haluannkri.com - Poros Prabowo Puan menilai dukungan...

Perluas Wawasan Antikorupsi, Uniwara Pasuruan Belajar Langsung ke KPK

Haluannkri.com – Komisi Pemberantasan Korupsi kembali disambangi oleh para mahasiswa yang ingin belajar langsung soal antikorupsi. Pada September 2022, puluhan mahasiswa datang dari Universitas PGRI Wiranegara (Uniwara), Pasuruan, Jawa Timur.

Sebanyak 21 mahasiswa semester 7 dan tiga orang dosen Uniwara dari Program Studi PPKN Fakultas Pedagogi dan Psikologi disambut oleh Ramah Handoko, Spesialis pada Direktorat Jejaring Pendidikan KPK. Ramah dalam pertemuan di ruang konferensi pers Gedung Merah Putih KPK itu menyampaikan berbagai pemaparan mengenai nilai-nilai integritas dan antikorupsi.

Selain itu, dia juga menjelaskan mengenai kelembagaan KPK sebagai salah satu lembaga penegak hukum. Pertemuan selama sekitar 2 jam di ruang konferensi pers Gedung Merah Putih KPK itu berlangsung interaktif dengan diskusi dan tanya jawab antara pemateri dan para mahasiswa.

READ :   Investasi Bodong Binomo, Dittipideksus Bareksrim Menaikkan Status Hukum Indra Kezn

Ramah mengatakan Uniwara merupakan salah satu perguruan tinggi yang menindaklanjuti Permenristekdikti Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan mata kuliah Pendidikan Antikorupsi. Kunjungan kali ini adalah bentuk pengayaan dan pendalaman dari berbagai materi antikorupsi yang dipelajari di kampus.

“Hal paling penting yang disampaikan KPK adalah bagaimana mereka bisa mengelaborasi nilai-nilai antikorupsi menjadi perilaku yang lebih operasional bagi peserta didik. Selama ini, nilai-nilai antikorupsi yang merupakan kompetensi sosial hanya disampaikan dalam bentuk kata aslinya, jujur, disiplin, ataupun mandiri, tanpa memberikan penjelasan yang lebih operasional, sehingga, siswa tidak dapat memahami apa yang diharapkan guru dari nilai-nilai tersebut,” kata Ramah dalam perbincangan dengan ACLC.

READ :   Irjen Pol Ferdy Sambo Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Brigadir Yosua

Yuniar Mujiwati, Ketua Prodi PPKN Universitas Uniwara, mengatakan mereka sengaja datang ke KPK utnuk memperluas wawasan terkait penanganan tindak pidana korupsi di Indonesia. Yuniar menilai materi-materi yang disampaikan pada kunjungan mereka telah sesuai dan berhasil memberikan pemantapan materi antikorupsi bagi para mahasiswa.

Selain itu, materi tersebut juga menjadi motivasi bagi mahasiswa sebagai agent of change pada bidang antikorupsi di lingkungan pendidikan.

READ :   KMP NTB Jakarta Gelar Aksi Jilid II: KPK Segera Periksa Ketua DPRD NTB

“Harapannya, semoga mereka bisa menanamkan nilai integritas antikorupsi sehingga ke depannya dapat meminimalisir bahkan menghapus tindakan atau perilaku korupsi. Semoga akan terlahir generasi penggerak dan pemberani dalam memberantas segala bentuk korupsi baik dari skala kecil maupun skala besar,” kata Yuniar.

BERITA TERBARU

BERITA LAINNYA

Pusat Kajian Demokrasi dan Konstitusi (Pus D Kon) Gelar Launching dan Seminar Nasional ‘Konstitusi Sebagai Peta Jalan Demokrasi Di Indonesia’

Haluannkri.com - Pakar Hukum Tata Negara Dr. Hamrin, S.H., M H., M.Si (Han)., CPMHRP., CMSCFP dan Tim, adakan acara ‘Syukuran Launcing dan Seminar Nasional’...

Tragedi Maut Stadion Kanjuruhan Malang, PTKP Badko HMI : Pecat Semua Pemangku Kebijakan

Haluannkri.com - Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (PTKP Badko HMI Jabodetabeka-Banten), Yogi, kecam tragedi kerusuhan di Stadion...

Sejumlah Aktivis Tidak Terima Dengan Tuduhan Pemerasan, Ancam Akan Laporkan Anggota DPR ke MKD

Haluannkri.com - Sejumlah aktivis yang tergabung dalam kordinator aliansi masyarakat untuk keadilan (ALAMANAK) pimpinan M. Rais tidak terima atas tuduhan yang dilontarkan pada diri...

Kejaksaan Agung Memeriksa Tiga Orang Saksi Terkait Perkara Pt. Waskita Beton Precast, Tbk

Haluannkri.com - Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) telah melakukan pemeriksaan pada 3 (tiga) orang...