30 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember 2022

Mega Galau, Andianto: Pilpres Dukung Ganjar, Jokowi Ketum PDIP

Haluannkri.com - Poros Prabowo Puan menilai dukungan...

Perusahaan Asal Singapura Akan Kelola Migas di Aceh, Widi Isman: Harus Dikaji Ulang

Haluannkri.com - Widi Isman selaku Generasi Simeulue...

KPK dan UNODC Adakan Pelatihan Investigasi Keuangan Lintas Batas

Haluannkri.com – KPK bekerja sama dengan Kantor PBB Urusan Narkotika dan Kejahatan Terorganisir (UNODC) menggelar Pelatihan Investigasi Keuangan Lintas Batas pekan ini. Diikuti peserta dari berbagai lembaga, pelatihan ini diharapkan mampu memperluas wawasan mengenai kerja sama internasional dalam pelacakan hasil kejahatan.

Pelatihan digelar dalam dua gelombang, dengan durasi masing-masing lima hari. Gelombang pertama telah berlangsung sejak Senin (12/9) dan berakhir Jumat (16/9). Gelombang kedua akan dilakukan pada Senin mendatang (19/8) hingga Jumat (23/9). Setiap gelombangnya diikuti oleh 30 peserta yang memiliki pengalaman terlibat dalam penyelidikan korupsi minimal lima tahun. Mereka berasal dari KPK, Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, PPATK, dan Bappenas.

Pemateri yang dihadirkan adalah Marco Letizi, pakar internasional dan mantan penyidik finansial dari kepolisian Italia, dan Dwi Siska Susanti, ahli hukum dan investigasi antikorupsi dari lembaga SustaIN. Ruang lingkup pelatihan adalah identifikasi dan pelacakan hasil kejahatan, pengumpulan data dan bukti, kerja sama internasional dalam investigasi lintas batas, hingga perampasan berbasis non-vonis.

READ :   KPK Kembali Mempelajari Kasus Kardus Durian Ketum PKB Muhaimin Iskandar

“Pelatihan difokuskan pada latihan praktis dalam melakukan investigasi keuangan pada kasus-kasus yang melibatkan negara lain. Peserta diminta aktif terlibat dan berpartisipasi dalam diskusi dan latihan studi kasus,” kata PIC pelatihan, Wafiq Rahardianto, dari Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Antikorupsi KPK.

Kris Priyyani, Master of Training ACLC, mengatakan pelatihan ini bertujuan mendukung penegak hukum di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam “mengikuti uang”. Selain itu, pelatihan diharapkan mampu meningkatkan penyelidikan lintas batas yang melibatkan kasus korupsi dan untuk melacak dan memulihkan aset.

READ :   Kemnaker: Klaim Program JHT Untuk Perlindungan Jangka Panjang

“Pemulihan aset tetap menjadi agenda global. Itu termasuk dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di bawah Tujuan 16.4, yang bertujuan untuk ‘secara signifikan mengurangi aliran keuangan dan senjata gelap, memperkuat pemulihan dan pengembalian aset curian, dan memerangi semua bentuk kejahatan terorganisir’,” kata Kris.

Collie Brown, UNODC Country Manager, menuturkan pelatihan ini dirancang berkolaborasi dengan KPK untuk meningkatkan kapasitas penegak hukum dalam melakukan investigasi dan pemulihan aset dari luar negeri.

“Pelatihan ini juga untuk pemenuhan Standar FATF (Financial Action Task Force) untuk ‘meningkatkan fungsi, tanggung jawab, kekuasaan, dan perangkat penegak hukum untuk secara efektif melakukan penyelidikan pencucian uang, terorisme finansial, dan pelacakan aset’ termasuk pemulihan aset,” kata Brown.

READ :   Ketua DPRD DKI Jakarta Penuhi Panggilan KPK Terkait Penyelenggaraan Formula E

Direktur Pendidikan dan Pelatihan Antikorupsi KPK, Dian Novianthi, dalam pembukaan pelatihan menjelaskan bahwa kegiatan ini penting untuk meningkatkan efektivitas dan jumlah perburuan pada kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU). Menurut Dian, sampai saat ini kasus yang ditangani KPK terkait TPPU hanya 38 kasus.

Dian berharap pelatihan ini dapat menjawab tantangan dalam penyelidikan TPPU yang seringkali dilakukan lintas batas dengan berbagai perbedaan peraturan dan hukum antarnegara. Pengungkapan TPPU juga dapat memberikan pemulihan aset yang berguna bagi bangsa Indonesia.

“Asset recovery telah menjadi komitmen dari pimpinan KPK. Pelatihan hari menjadi hal yang sangat penting untuk pencapaian target kita bersama dan untuk Indonesia secara umum,” ujar Dian.

BERITA TERBARU

BERITA LAINNYA

KMP NTB Jakarta Gelar Aksi Jilid II: KPK Segera Periksa Ketua DPRD NTB

Haluannkri.com - Koalisi Mahasiswa dan Pemuda NTB Jakarta kembali melakukan aksi demontrasi yang kedua kalinya di Depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Setiabudi, Jakarta...

DPN LKPHI Nilai Sosok Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang Humanis dan Memiliki Kecakapan Intelektual Mumpuni

Haluannkri.com - Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (Kapolri) menjadi magnet di kalangan masyarakat. Sosok yang humanis dan juga memiliki kecapakan intelektual yang mumpuni dianggap...

Pusat Kajian Demokrasi dan Konstitusi (Pus D Kon) Gelar Launching dan Seminar Nasional ‘Konstitusi Sebagai Peta Jalan Demokrasi Di Indonesia’

Haluannkri.com - Pakar Hukum Tata Negara Dr. Hamrin, S.H., M H., M.Si (Han)., CPMHRP., CMSCFP dan Tim, adakan acara ‘Syukuran Launcing dan Seminar Nasional’...

Momentum Refleksi Hari Sumpah Pemuda, Ketua Umum DPP KNPI : Ajak Pemuda Indonesia Solid

Haluannkri.com – Putri Khairunnisa selaku Ketua Umum DPP KNPI menyatakan generasi muda kekinian selain berpengetahuan, juga berperan menyumbangkan berbagai peran dan fungsi, baik untuk...